0

Contoh Paragraf

Posted by Putri Maslahatul Maziyah on 19.15 in
A.   Paragraf Analogi
Hidup manusia bagaikan selembar kertas. Saat pertama kali manusia dilahirkandari rahim sang ibu, ia bersih tanpa dosa. seperti halnya kertas yang baru disobek dari buku, bersih tanpa ada coretan sedikitpun. Tetapi lama-kelamaan, di atas kertas bersih itu terdapat coretan-coretan. Coretan-coretan tersebut sesuai dengan keinginan dari sang pemilik. Apabila sang pemilik adalah seseorang yang rapi, maka kertas tersebut akan terlihat rapi pula dengan coretan-coretan yang indah. Begitu pula dengan sebaliknya. Jadi, itulah gambaran dari kehidupan manusia.

B. Paragraf Analisis
Sistem ekskresi pada tubuh manusia terdiri atas organ-organ yang terlibat pada proses pengeluaran urine dan keringat. Organ-organ tersebut meliputi kulit, ginjal, paru-paru, dan hati. Pembentukan urine terjadi pada ginjal yang di dalamnya terdapat berjuta-juta nefron yang berhubungan dengan saluran kemih, kandung kemih, dan uretra. Sistem ekskresi lainnya terdapat pada kulit. Pada kulit bagian dermis, terdapat kelenjar keringat yang berfungsi mengeluarkan sekret yang berupa keringat.

C.Paragraf Definisi Luas
Mata merupakan organ indra yang kompleks dan berfungsi untuk melihat. Mata merupakan organ yang sangat penting. Untuk itu, mata dilindungi oleh alis matadan kelopak mata yang dilengkapi bulu mata. Alis mata berfungsi untuk melindungi mata dari keringat. Fungsi kelopak mata adalah untuk mengatur cahaya yang masuk ke mata, untuk menutup dan membuka mata. Pada kelopak mata terdapat kelenjar minyak yang berfungsi meminyaki bulu mata. Di bawah kelopak mata terdapat kelenjar air mata yang berfungsi untuk membasahi mata dan memelihara mata agar tetap bersih dari kotoran.

D.   Paragraf Contoh
Pangan merupakan kebutuhan dasar yang paling esensial bagi makhluk hidup untuk mempertahankan hidup dan kehidupannya. Pangan sebagaai sumber zat gizi misalnya karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serat, dan air. Itu semua menjadi landasan utama manusia untuk mencapai kesehatan dan kesejahteraan sepanjang siklus kehidupan. Siklus kehidupan misalnya janin dalam kandungan, balita, anak-anak, remaja, serta dewasa maupun usia lanjut. Dari keseluruhan siklus tersebut membutuhkan makanan yang sesuai dengan syarat gizi untuk mempertahankan hidup, tumbuh, dan berkembang.

0 Comments

Posting Komentar

ALBUM

ALBUM
sinta (kiri), putri (me), dan anisa (kanan)

liat futsal euy !! :D

buber with VIE MOSTA :)

Copyright © 2009 Gudangku All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.